10 fakta menakjubkan tentang sepeda motor yang mungkin belum Anda ketahui

Setiap jalan hidup penuh dengan hal-hal sepele yang menarik, lucu, dan bahkan aneh, begitu pula dengan sepeda motor. Sejak munculnya perjalanan roda dua, kepribadian, peristiwa, dan kebetulan menarik yang tak terhitung jumlahnya membentuk sejarah yang menarik dan kaya dari alat transportasi ini.


Beberapa benar, beberapa dibuat-buat, sementara yang lain menyanggah apa yang umumnya diyakini benar. Ada kemungkinan besar Anda pernah mendengar beberapa cuplikan di bawah ini, tetapi kami jamin Anda akan secara otomatis menjadi lebih menarik jika Anda memperkenalkan satu atau dua di antaranya saat Anda bersama penggemar lainnya.

Terkait: 10 fakta mengejutkan tentang KTM 1290 Super Duke R

VIDEO TOPPEED HARI INI

10 BMW Roundel tidak ada hubungannya dengan baling-baling yang berputar

BMW

Iklan BMW menampilkan baling-baling yang berputar

Logo BMW bulat biru dan putih pada mobil dan sepeda motor dikenal di seluruh dunia. Mitos yang umum adalah bahwa itu mewakili baling-baling pesawat berputar bergaya, yang masuk akal karena BMW dimulai sebagai produsen mesin aero. Tapi itu tidak benar. Seperempat biru dan putih di dalam lingkaran sebenarnya berasal dari bendera Bavaria, karena dari situlah perusahaan berasal (dan masih berkantor pusat). Bentuknya yang bulat mendahului BMW itu sendiri, ketika perusahaan itu dikenal sebagai BFW. Mitos baling-baling muncul kemudian, ketika logo dilapiskan pada gambar baling-baling yang berputar untuk sebuah iklan.

9 Pelindung punggung balap ditemukan oleh Barry Sheene

Foto studio pelindung punggung Dainese
Dainese

Pelindung punggung Dainese

Barry Sheene adalah salah satu pengendara sepeda motor paling terkenal sepanjang masa, berkat kepribadiannya yang bersemangat, dua kejuaraan dunia Grand Prix pada tahun 1976 dan 1977, belum lagi kecelakaan yang dideritanya dan publisitas yang dihasilkan seputar pemulihannya. Mungkin karena itu, dia berbicara secara terbuka tentang keselamatan, menolak untuk balapan di balapan Isle of Man TT bahkan ketika itu masih menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia, dan dia sangat memperhatikan keselamatan pribadinya.

Saat itu, kulit balap tidak memiliki perlindungan built-in yang dimiliki kulit modern, jadi dia mengembangkan pelindung punggungnya sendiri yang tersegmentasi yang akan menawarkan perlindungan jika terjadi benturan tetapi tetap memungkinkannya untuk berjongkok di atas sepedanya. Ketika dia pensiun, dia menyumbangkan proyek tersebut kepada Dainese, yang menyempurnakannya dan membuatnya tersedia untuk semua orang.

8 Harley-Davidson mencoba merekam suara mesinnya

Masih foto mesin dan knalpot Harley Davidson
Harley Davidson

Detail mesin dan knalpot Harley Davidson

Suara khas mesin Harley-Davidson V-Twin berasal dari waktu pembakaran dua pistonnya, yang batang penghubungnya dipasang pada pin engkol yang sama dengan poros engkol. Ini bukan pengaturan yang tidak biasa, tetapi tidak ada yang terdengar seperti Harley-Davidson V-Twin, tidak peduli seberapa keras pabrikan lain telah mencoba.

Dalam upaya untuk melindungi apa yang dilihat Harley sebagai keunikannya, perusahaan berusaha pada tahun 1994 untuk merekam suara mesin dan knalpot untuk melindungi apa yang dianggap sebagai salah satu ciri khasnya. Pesaing keberatan dengan aplikasi merek dagang, dengan alasan bahwa banyak pabrikan sepeda motor tipe penjelajah menggunakan konfigurasi serupa di dalam mesin, yang pasti menghasilkan suara yang serupa. Harley-Davidson menghentikan usahanya pada tahun 2000, tetapi meskipun demikian, tidak ada kapal penjelajah lain yang terdengar seperti Harley.

Terkait: 10 Kapal Penjelajah Harley-Davidson Baru Terbaik yang Dapat Dibeli dengan Uang

7 Mesin BMW K-Series terinspirasi dari mesin mobil Peugeot

Tembakan statis BMW K100
BMW

BMW K100 warna putih, hadap kiri

Tidak pernah ada yang mengikuti kawanan, ketika BMW mempertimbangkan untuk menjauh dari petinju bermesin ganda yang terhormat di akhir tahun 70-an untuk mengikuti gerombolan pabrikan Jepang dan mesin inline-four mereka, perusahaan biasanya tidak mengikuti petunjuk. BMW ingin mempertahankan penggerak akhir poros tanda tangan mereka dan satu-satunya cara untuk melakukan ini dengan mesin empat silinder adalah memasang mesin dengan poros engkol yang berjalan secara longitudinal, yang tidak pernah terdengar dalam rekayasa sepeda motor, tetapi itu adalah konsep yang tidak telah terlihat selama beberapa dekade.

Seorang insinyur muda BMW mengamati mesin paduan ringan Peugeot 104 berpendingin cairan yang terpasang di mobil itu secara melintang, miring 72 derajat, menggerakkan roda depan. Insinyur muda itu mengambil cetak birunya, meletakkannya mendatar, dan memposisikannya memanjang di dalam bingkai. Maka lahirlah apa yang disebut ‘Bata’, begitu mesinnya dikenal.

6 Perancang sepeda motor Vespa yang dibenci

Brosur Vespa
Tawon

Leaflet Vespa, menunjukkan mode start; menghadap kiri

Di Italia pascaperang, seperti di banyak negara lain, permintaan transportasi murah pascaperang mengilhami dua industrialis, Ferdinando Innocenti dan Enrico Piaggio, untuk menciptakan skuter yang akan memenuhi permintaan. Insinyur penerbangan Corradino D’Ascanio ditugaskan oleh Innocenti untuk merancang tipe baru kendaraan roda dua yang bersih dan nyaman yang terlihat bagus di jalan D’Ascanio, karena dia membenci ‘sepeda motor besar dan kotor’.

Perusahaan Innocenti yang berspesialisasi dalam tabung baja menginginkan sasis kolom dibuat dari bahan ini. D’Ascanio menolak untuk berkompromi, keduanya berselisih, dan D’Ascanio membawa desainnya ke Piaggio, yang dengan bersemangat menggunakan desain tersebut untuk membuat Vespa pertama. Sisanya adalah sejarah, termasuk konsep Lambretta Innocenti sendiri, yang akhirnya menghilang, meninggalkan Vespa di garis depan pasar.

5 Tidak akan pernah ada lagi mobil Triumph kecuali BMW setuju

Iklan Triumph Spitfire
Kemenangan

Iklan untuk Triumph Spitfire, memperlihatkan sebuah mobil berwarna kuning, menghadap ke kiri

Sama seperti nasib yang diderita oleh industri sepeda motor Inggris pada 1960-an dan 1970-an, industri motor Inggris mati lama, berlarut-larut sepanjang tahun 1980-an dan 1990-an.Sebagian dari sisa-sisa, kemudian disebut Rover Group, diambil alih oleh BMW pada tahun 1994. Nah, pada tahun 1930-an, perusahaan Triumph yang saat itu membuat mobil dan sepeda motor bermasalah dan menjual sepeda motor tersebut. sisi bisnis ke Jack Sangster, yang sudah dimiliki Ariel.

Sisi mobil kemudian menjadi bagian dari organisasi British Leyland yang besar dan berat, yang kemudian menjadi Austin Rover dan kemudian Rover Group. Saat BMW membeli Rover, mereka juga membeli hak atas nama seperti Mini dan Triumph. Itu masih memiliki hak atas Triumph, itulah sebabnya tidak akan pernah ada mobil Triumph baru kecuali BMW memutuskan ada pasar untuk nama lain yang sudah mati dari sejarah motorsport.

4 AS telah bertanggung jawab untuk menyebutkan lebih dari satu kemenangan

Iklan Triumph Thunderbird
Kemenangan

Iklan Triumph Thunderbird menampilkan tiga sepeda motor

Selama hari-hari kejayaan tahun 50-an dan 60-an, Triumph dan tentu saja setiap pabrikan sepeda motor Inggris lainnya – pasar utamanya adalah Amerika Serikat. Proporsi produksi yang begitu besar ditujukan ke AS sehingga pasar domestik harus menunggu giliran, terkadang selama berbulan-bulan. Speed ​​\u200b\u200bKembar muncul pada tahun 1938 dan merupakan revolusi berkat mesin kembar paralelnya yang ringan, hampir tidak lebih besar dan lebih berat dari mesin satu silinder kontemporer.

Ketika, pada 1950-an, kepala desainer Edward Turner ingin meningkatkan mesin dari 500cc menjadi 650cc untuk memenuhi permintaan Amerika akan tenaga dan kecepatan yang lebih besar, dia membutuhkan nama untuk model baru yang akan beresonansi dengan pasar arus utama. Suatu tahun, dalam perjalanan kembali dari Daytona, dia mampir ke motel Thunderbird Inn di Carolina Selatan. Model baru memiliki nama dan AS atau setidaknya lokasi AS akan memiliki pengaruh yang sama sepuluh tahun kemudian ketika Bonneville diumumkan.

Terkait: 2016 Triumph Thunderbird Storm / Komandan Thunderbird / Thunderbird LT

3 Tak satu pun dari empat pabrikan besar Jepang mulai membuat sepeda motor.

Foto studio Yamaha Piano
Yamaha

Grandpiano Yamaha warna hitam

Sementara bisnis Soichiro Honda dimulai tepat sebelum Perang Dunia II, membuat ring piston untuk Toyota, dua dari tiga pabrikan sepeda motor Jepang lainnya telah ada jauh lebih lama. Suzuki mulai membuat alat tenun dari tahun 1909, bercabang ke mobil pada tahun 1937 dan kemudian mesin murah yang dapat dipasang pada sepeda pada periode pasca perang.

Yamaha bahkan lebih tua, yang didirikan pada tahun 1897 sebagai produsen organ buluh, dan Yamaha masih menjadi produsen alat musik terbesar di dunia. Kawasaki Heavy Industries, sebuah perusahaan teknik besar, mulai membuat kapal pada abad ke-19 dan baru mulai membuat sepeda motor pada pertengahan 1960. Honda CB750.

dua Angka ukuran ban mengukur ban dalam satuan metrik dan imperial

Foto studio ban sepeda motor
dunlop

Ban sepeda motor menunjukkan tulisan di samping

Pernah bertanya-tanya mengapa ukuran ban diberi label seperti ini: 120/70 x 17? Dua angka pertama adalah pelek dengan dimensi profil dalam persen lebar pelek dalam milimeter. Angka ketiga adalah diameter roda dalam inci. Tapi kenapa? Ya, ukuran imperial umum di seluruh dunia, tetapi pada tahun 1970-an pabrikan Eropa, yang mengembangkan ban radial, mulai menggunakan ukuran metrik. Namun, pasar ban terbesar, Amerika Serikat, masih menggunakan pengukuran imperial, terutama untuk mengukur diameter roda: faktanya, ini diberlakukan oleh undang-undang, dan oleh karena itu ban diberi tanda metrik dan imperial.

1 Lawrence of Arabia harus mati agar helm sepeda motor ditemukan

Gambar iklan Brough Superior
Brough Superior

Brough Superior dengan menunggang TE Lawrence

Ketika Anda menonton film Lawrence dari Arab atau membaca buku Tujuh Pilar Kebijaksanaan, tahukah Anda bahwa Anda sedang menonton atau membaca tentang kehidupan pria yang secara tidak sengaja menyebabkan penemuan helm sepeda motor? Terkenal, TE Lawrence adalah pengendara sepeda motor yang rajin dan tunggangan pilihannya adalah Brough Superior, sepeda motor tercepat pada masanya (1920-an dan 1930-an).

Dia memiliki tujuh di antaranya berturut-turut, dan yang kedelapan sudah beres ketika dia jatuh di nomor tujuh dan menderita cedera kepala yang fatal. Salah satu dokter yang merawatnya bernama Hugh Cairns, dan dia terinspirasi untuk memulai studi panjang tentang kematian sepeda motor, menemukan bahwa sebagian besar kematian disebabkan oleh trauma kepala. Penelitiannya mengarah langsung pada pengembangan helm sepeda motor, yang penggunaannya pada akhirnya akan menjadi undang-undang.