Motor  

Lihat mengapa motor sport Anda dibatasi hingga 186 MPH

Sepeda motor, terutama yang sport, adalah yang tercepat sepanjang masa. 200 tenaga kuda telah menjadi normal baru, elektroniknya paling cerdas, dan bahan yang digunakan sangat eksotis untuk menjaga bobot tetap rendah. Tapi apa yang tetap tidak berubah selama 23 tahun adalah kecepatan puncaknya, karena apapun racunnya, produksi motor sport – bahkan Kawasaki Ninja H2 supercharged – berada di atas 299 km/jam (atau 186 mph). Sekarang, ini sama sekali tidak lambat (dan kami tidak merekomendasikannya di jalan umum), tetapi jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa speedometer Anda berhenti di ‘186’, Anda berada di tempat yang tepat. Itulah yang akan kita uraikan di sini, dan sebagai permulaan, mari kita kembali ke masa lalu untuk melihat bagaimana sepeda motor mendekati angka ajaib 300 km/jam.

VIDEO TOPPEED HARI INI

TERKAIT: 10 Superbike Paling Bertenaga di Dunia


Kawasaki ZZR1100 1990 mengatur kecepatan

Kawasaki

Foto studio Kawasaki ZX-10R biru

Tahun 1990-an adalah waktu yang istimewa karena lebih dari satu alasan – musik yang bagus, mode yang terus berkembang, acara TV masih memiliki selera humor – tetapi tidak ada yang mengharapkannya menjadi titik balik di dunia sepeda motor juga. Karena saat tahun 80-an berakhir, Kawasaki meluncurkan ZZR1100 (atau Ninja ZX-11), sepeda motor pertama dengan asupan udara Ram Air. Puncaknya, bagaimanapun, adalah mesin empat silinder segaris 1.052cc, yang membantunya mencapai 283 km/jam (175 mph) dan mengklaim gelar “sepeda motor produksi tercepat di dunia”. Tapi tidak ada yang tahu bahwa ini akan membuat bola bergulir untuk perang kecepatan Jepang yang populer setelahnya.

Biarkan perang kecepatan dimulai

Suzuki Hayabusa 1300 2007
Suzuki

Foto studio dari Suzuki Hayabusa 2007

Meski Ninja ZX-11 bertahan tanpa cedera selama lebih dari lima tahun, jawaban datang dari Honda pada 1996. Pabrikan Tokyo itu menarik kembali CBR1100XX Super Blackbird, yang dinamai dari pesawat jet tercepat di dunia, Lockheed Martin SR-71. Itu mendukung namanya dengan mesin empat silinder 1.137cc yang menghasilkan 164 tenaga kuda dan memungkinkannya mencapai 287 km / jam (179 mph). Selain itu, Blackbird menampilkan desain yang jauh lebih tajam daripada Ninja yang tangguh.

Sementara itu, sesama pabrikan sepeda Jepang Suzuki tetap diam, menunggu waktu mereka, dan tepat ketika segala sesuatunya tampak terselesaikan, mengguncang dunia dengan Hayabusa GSX-R1300 pada tahun 1999. Nama ‘Hayabusa’ membuat niat Suzuki lebih dari jelas, karena itu diterjemahkan ke elang peregrine, yang bukan hanya burung tercepat di planet ini, tetapi juga berburu… Anda dapat menebaknya, burung hitam. Di bawah bodinya yang bulat dan ramping, Hayabusa menyembunyikan mesin empat silinder segaris 1.299cc dengan 173 tenaga kuda. Pabrik meningkatkan ‘Busa menjadi 312 km / jam (194 mph) dan menghancurkan semua rekor sebelumnya (dan saingannya) sejauh satu mil.

Meskipun ini merupakan prestasi yang mencengangkan, rumor menyebutkan bahwa Kawasaki siap untuk kembali ke tengah hujan di acara Suzuki dengan hyperbike baru. Dijuluki Ninja ZX-12R, itu akan menjadi sepeda motor pertama yang melewati angka 200mph, tetapi sebelum Kawasaki membuat pengumuman resmi, keadaan berubah secara tak terduga untuk perang kecepatan Jepang.

Perjanjian Tuan-tuan

Tembakan kuarter ketiga dari Kawasaki Ninja ZX-12R
Kawasaki

Kawasaki ZX-12R pernah menjadi motor tercepat di dunia

Sementara gagasan tentang motor sport 200mph menerangi mata pengendara sepeda motor, politisi (baca Karens) di seluruh dunia – khususnya di Eropa – telah menyuarakan keprihatinan tentang ‘mesin kematian’ ini. Lagi pula, bagaimana jika motor sport ini menyebabkan pembantaian di jalanan dengan balapan jalanan 200mph? Sensitif atau tidak, hal ini dengan cepat menjadi perhatian utama dan memicu rumor larangan impor sepeda motor bertenaga tinggi. Paku terakhir di peti mati datang ketika pejabat BMW bersekutu dengan politisi dan meyakinkan produsen sepeda motor besar (Ducati, Suzuki, Kawasaki, Honda) untuk memberlakukan batas kecepatan maksimum, di mana semua motor sport akan dibatasi secara elektronik hingga 299 km/jam. (186 mil per jam). Inilah yang kami pengendara sepeda motor kenal sebagai Gentlemen’s Agreement.

Meskipun tidak ada bukti nyata dari kejadian tersebut, Ninja ZX-12R yang banyak dibicarakan menghasilkan 190 tenaga kuda dengan efek Ram Air (17 kuda poni lebih banyak dari Hayabusa) yang anehnya mencapai 186 mph. Demikian pula, MY2000 Suzuki Hayabusa berhenti berakselerasi pada 186 mph, tidak seperti model tahun sebelumnya, yang menegaskan bahwa Gentlemen’s Agreement memang berlaku. Ironisnya, sepeda motor pertama yang melanggar pakta itu berasal dari benua yang sama yang menyarankannya sejak awal.

MV Agusta F4 Melanggar Gentlemen’s Agreement

MV Augusta F4 RR 312 2008
MV Augusta

Akhiran ‘312’ menunjukkan kecepatan maksimum MV Agusta F4

TERKAIT: Lihat Superbike 1000cc Tercepat di Dunia dengan Segala Kemuliaannya

Ya, Anda membacanya dengan benar. Pada tahun 2007, MV Agusta menaklukan dunia sepeda motor dengan F4 312 yang akhirannya adalah kecepatan teruji maksimal. Baris berikutnya adalah pabrikan Eropa lainnya dan juga yang menyarankan kesepakatan – BMW. Perusahaan memperkenalkan superbike lengkap pertamanya, S 1000 RR, untuk MY2009, yang mencapai kecepatan tertinggi 303 km/jam. Sedangkan untuk Jepang, belum ada satu pun sepeda motor produksi yang melanggar Gentlemen’s Agreement, bahkan setelah 23 tahun lamanya.

Apakah persetujuan tuan-tuan itu masuk akal?

Foto studio Kawasaki Ninja H2
Kawasaki

Kawasaki Ninja H2 warna Silver/Abu-abu/Hijau, Menghadap Kanan

Yah tidak. Kami mengatakan demikian karena 300 km/jam masih sangat cepat untuk sepeda motor produksi dan sama sekali tidak aman di jalan umum. Jadi itu menghilangkan semua arti dari pembatas kecepatan. Selain itu, karena motor sport membanggakan tenaga kuda yang semakin banyak, tidak lama kemudian produsen sepeda menyodok beruang terlalu jauh dan menarik larangan tenaga kuda. Agak mirip dengan apa yang dimiliki pembuat mobil Jepang sebelum 2005, di mana batas tenaganya hanya 276 tenaga kuda.